Saturday, January 23, 2016

KEHIDUPAN DAN NGUPIL ITU...




Dalam hidup ini hal apapun bisa terjadi pada kita, baik itu hal baik ataupun hal buruk, yang terkadang juga memaksa kita untuk melakukan atau mengambil jalan atau pilihan yang sebenarnya tidak kita inginkan yang terkadang seburuk apapun atau bahkan sebesar apapun konsekuensi dari pilihan, kita terpaksa harus melakukan pilihan itu, suka ataupun tidak suka.

Bila kita bisa mengerti akan hal ini maka kita akan bisa memahami mengapa di dalam kehidupan ini selalu saja ada hal-hal yang kita anggap atau orang lain anggap sebagai sesuatu hal yang memalukan, menijikkan, atau bahkan menyimpang terpaksa harus diambil oleh kita atau oleh orang lain.

Hal-hal memalukan yang gw alami selama ini juga pada dasarnya adalah bagian dari proses menuju pendewasaan tentang bagaimana kita yang dulu secara spontan menghadapi suatu masalah, lalu bagaimana kita yang sekarang bisa belajar dari pengalaman lalu itu tentang bagaimana cara yang lebih bijkasana dalam menghadapi situasi yang sama apabila kita menghadapinya lagi saat ini. Kehidupan itu adalah pelajaran tanpa henti.

Hidup ini juga mengajarkan kepada kita bahwa di sekitar kita juga terdapat fenomena-fenomena sosial yang sering kali kontroversial, seperti fenomena sosial tentang pemalakan, tawuran, kerusuhan etnis, waria, sikap aparat yang berwenang tehadap demonstrasi mahasiswa, geng bermotor, dan potret kemiskinan masyarakat kelas bawah di gerbong ekonomi atau malah justru potret ketidakbecusan pemerintah dalam menyediakan fasilitas transportasi publik yang layak dan memanusiakan manusia, yang biasanya kita anggap atau selalu ingin kita anggap tidak ada, kita menutup mata akan keberadaan fenomena tersebut dan cenderung tidak ingin menganggapnya ada, dan akhirnya karena sikap menutup mata itu, maka kita akan cenderung tidak bijaksana dan cenderung mengakimi secara sepihak dalam menghadapi hal-hal yang kontroversial itu. Kehidupan itu mengajarkan kita untuk membuka mata kita dan peduli, untuk melihat setiap hal dari dua sudut pandang yang bebeda dan bukan dari sudut pandang kita saja, bahwa hal-hal seperti itu ada di sekitar kita, dan mengajak kita untuk bersikap bijaksana dalam menyingkapinya.

Kehidupan itu seperti ngupil.
Terkadang kamu perlu usaha yang keras untuk mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.
Tapi terkadang juga kamu tidak perlu usaha yang keras untuk mendapatkan sesuatu.






Kehidupan itu seperti ngupil.
Terkadang kamu melakukan sesuatu bukan karena kamu menginginkannya.
Tapi karena kamu butuh untuk melakukannya.


Kehidupan itu seperti ngupil.
Terkadang kamu menutup mata dan menganggap suatu hal tidak ada, atau bahkan menganggapnya sebagai sesuatu yang hina dan tak berguna.
Tapi sesungguhnya jika kamu mencoba matamu dan mencoba memahaminya maka akan bisa kamu lihat hikmah di baliknya.


Kehidupan itu seperti ngupil.
Terkadang sesuatu yang bermanfaat dan indah terbungkus oleh sesuatu yang telihat buruk dan hina atau terkadang kamu harus melakukan sesuatu yang terkesan buruk dan hina untuk bisa mencapai sesuatu yang bermanfaat dan indah itu.
Seburuk apapun hal yang kita alami setiap harinya atau kita lihat di sekitar kita, pahamilah bahwa sesungguhnya apabila kamu membuka mata hatimu maka akan kamu dapati bahwa sesungguhnya kehidupan itu indah.


Jangan nilai sesuatu dari luarnya saja.












Lihatlah dan sentuhlah makna di dalamnya.

Kehidupan itu seperti ngupil.
Seperti halnya sesuatu hal yang bermakna baik dan buruk yang tercampur tak terpisahkan dengan indahnya di dalam sudut pandang kehidupan kita sehari-hari, maka sesungguhnya bisa kita pahami juga bahwa pada dasarnya ngupil itu indah. :)


P.S:
satu aja pertanyaan gw nih.....
poconggg tuh ngupilnya gimana ya? hehe :P

No comments: