Monday, May 26, 2008

GUE TENTANG GUE


Contoh cara mengupil yang baik dan benar menurut ejaan yang sudah disempurnakan

Nama gue Teguh adimarta, tapi dengan sadisnya, tanpa memperhatikan isi konvensi Jenewa, gue malah dipanggil ”Nyet-Nyet” sama adik gue. Sebenarnya bisa dibilang hidup gue tuh nomaden banget, sering berpindah-pindah gitu. Bokap gue orang Bandung, nyokap gue orang Surabaya, tapi gak tau gimana ceritanya setelah mereka merit kok malah nyasar sampe ke Irian Jaya ya..?!! begitulah, gue akhirnya brojol dan menghabiskan masa sekolah dasar di sana, sedangkan SMP dan SMA gue habiskan di Surabaya, pas kuliah gue ambil jurusan bahasa Inggris di Pontianak, makanya lo gak usah heran kalo gue bisa ngerti omongan orang bule yang nyerocos secepat apapun di film yang ada teks bahasa Indonesianya, apalagi kalo pilem bule itu di dubbing pake bahasa pojok kampung Surabaya, sumpahh.., akan terdengar sangat eksotis sekali. Sekarang setelah lulus, gue balik lagi ke Surabaya dan bekerja di salah satu sekolah negeri di kota yang paling hot di Indonesia itu.

Eniwei, sepanjang hidup gue ini, sudah banyak banget tulisan seperti cerpen, novel atau ”Tips dan Trik Mengupil ketika melamar pekerjaan” atau ”Pesona mengupil dalam pergaulan remaja masa kini” yang udah coba gue tulis, tapi jarang sampe selesai karena sudah keburu diusir sama yang punya rumah dengan alasan yang menurut gue sangat tidak berbobot, tidak relevan, tidak logis, tidak konkrit, dan tidak rasional, seperti ”Bocaahh edaann..!!! ojo corat-coret tembok rumahku ...anak’e sopo toh arek gendeng iki?!!”, gitu deh, sumpahh, enggak banget kan..?!!. Tapi gue gak pernah menyerah, prinsip hidup gue adalah gak ada hal yang gak mungkin dilakukan asalkan kita mau terus berusaha. Makanya waktu SMA dulu gue tetap giat menulis tentang apapun bahkan tentang pelajaran yang membosankan sekalipun, dan dimanapun bahkan diatas meja dan bangku di kelas kalo perlu, terutama bila pak guru ngasih tau kalo besok akan ada ulangan tutup buku.

Baidewei ada satu hal penting yang harus gue bilang ke lo semua sebelumnya semuanya menjadi terlambat, gue itu sebenarnya sering banget ketiduran pas lagi naik sepeda motor, yup lo gak salah baca, sebenarnya ini bisa dibilang efek samping gara-gara keseringan melotot dari isya sampe subuh di depan komputer buat download pilem BF di warnet, BF tuh Batman Forever, udah pada ngeres aja kan, BeJo mulu sih lo (BeJo=Bengong Jorok). Eniwei karena itu jugalah, maka ketika naik motor, sudah berkali-kali gue hampir nabrak becak, angkot, mobil, tiang listrik, bak sampah, pot bunga, sampe nenek-nenek kempot di pinggir jalan (nenek-nenek yang langsung salto pas hampir gue tabrak, itulah yang belum pernah gue nemu). Tapi pernah gue apes banget, pas lagi ngantuk gue yang hampir nabrak trotoar gitu, karena kaget gue langsung banting setir, tapi terlalu kencang, alhasil gue langsung jatuh, terseret di aspal gitu deh, mana yang lagi kecepatan tinggi, untung aja berkat doa para penggemar akhirnya gue masih hidup waktu itu. (kayaknya pernah gue tulis di postingan gue sebelumnya ya?)

Jadi pesan moral dari cerita ini adalah, bila suatu hari nanti ada cowok ganteng (hehe ngarep) yang gak sengaja nabrak lo waktu lo lagi nungguin angkot di pinggir jalan, terus cowok itu langsung ngibrit ninggalin lo, maka tak usah bingung, tak usah bimbang, tak usah resah dan gundah gulana, karena kemungkinan besar cowok itu adalah gue. Yaahh..gimana ya, meskipun walaupun bagaimanapun begitu, gue sepenuhnya sadar, bahwa setelah nyenggol lo, gue mungkin gak punya hak apapun untuk minta banyak dari lo pade, tapi tolong pren, ijinkan gue untuk mengetuk pintu hati lo untuk sekedar berbagi dengan sesama, gue minta tolong kebesaran hati lo semua untuk meng-ikhlaskan (setelah kesenggol motor gue) dan doakan saja semoga gue gak sampe nyusruk nabrak tiang listrik ato nyemplung ke kali gara-gara ketiduran lagi di atas motor. Karena ingatlah wahai manusia..!!, di balik tiap musibah yang menimpamu pasti ada hikmah yang tersembunyi. Yakinlah itu..!!

Tidak percaya? Ini ada contohnya, kesaksian dari salah satu dari sekian banyak umat manusia di bumi ini yang pernah gue ”colek” pake motor (sungguh, tanpa gue sadari, ternyata jasa gue sangat besar dalam program pengurangan populasi penduduk, sumpah gue gak tau harus nangis ato ketawa2 sendiri gak jelas sambil manjat pohon setelah mengetahui fakta ini). Berikut ini adalah pengakuan langsung dari si korban yang justru mendapatkan hikmah dari musibah ini, untuk selanjutnya kita sebut saja dengan panggilan Bunga, atau mungkin agar lebih manusiawi, kita sebut saja dengan nama lengkapnya, Bunga Bangkai.

Bunga Bangkai (bukan nama sebenarnya): ”Bwaaahahaha.....SUNGGUHH..!! Ini adalah mukjizat..!!”


”Mulanya saya sempat kesal, ragu dan tak percaya dengan yang namanya hikmah di balik musibah, secara gitu ya, saya kesenggol motornya mas teguh sampe muka saya nyungsep di parit pinggir jalan. Tapi sodara-sodara...!! ternyata efek dari kejadian ini sungguh di luar nalar dan akal sehat manusia normal.
Ya sodara-sodara, efeknya adalah......ternyata wajah saya menjadi jauh lebih ganteng dari sebelumnya, sungguh saya sendiri sempat tak percaya, kini semua perempuan yang melihat saya sampe menjerit histeris dan langsung pingsan di tempat setelah melihat senyuman dan ketampanan saya yang tak terbantahkan.
Dan ternyata bukan itu saja, sekarang saya juga dapat bernapas dengan lebih lega dan lancar dari sela-sela gigi..sungguh..!! Ruarrr biasa! berkat itu jugalah sekarang tubuh saya menjadi terasa jauh lebih enteng, segar, fit dan penuh dengan vitalitas. Berkat mas Teguh, hidup saya kini menjadi jauh lebih berkualitas.
Terimakasih mas teguh..!!” XD (sambil menangis bahagia si Bunga Bangkai mengelap giginya dengan cairan pembersih lantai kepercayaan keluarga yang telah bertahun-tahun direkomedasikan oleh IDI, Ikatan Dokter Gigi Indonesia)


Peringatan Pemerintah
Berhati-hatilah ketika membaca tulisan ini. Bacalah dengan teliti sesuai dengan tartil dan tajwidnya sebelum anda memutuskan untuk mempercayainya dengan beramai-ramai nungguin angkot di pinggir jalan dan berharap banyak akan datangnya keajaiban kepada anda setelah disenggol motornya saudara Teguh (misalnya: seperti berharap akan dapat nomor togel tiga angka). Karena sudah banyak orang yang menjadi korban modus operasi penipuan melalui tulisan ini.

Fatwa MUI
Sesungguhnya yang namanya keajaiban seperti yang dialami oleh saudara Bunga Bangkai (bukan nama sebenarnya) tidak akan datang dua kali. Terutama bila berhubungan dengan saudara Teguh, karena bila menyangkut saudara Teguh, maka cuma ada satu hal yang akan datang berkali-kali kepada anda dan itu bukanlah kejaiban, tapi musibah.
Karena itulah setelah memperhatikan, menelaah, menimbang, diraba dan diterawang. Maka dengan ini MUI memberikan fatwa bahwa aliran ”Jama’ah Khezeremffet Mow-thor Al-Teguhhiyah” sebagai aliran yang sesat dan menyesatkan.
Bagaimana saudara-saudara sekalian? Sah? Sah? Saahhh..!!! (dan mempelai pria pun tersenyum tiga jari sambil menjabat erat tangan pak penghulu)


* Anda Bingung..?!! tidak usah khawatir, anda tidak sendiri, saya juga bingung... XP












(Guru spiritual Jama'ah aliran sesat Ngupiliyah atau aliran Khezeremffet Mow-thor Al-Teguhhiyah)

2 comments:

U'uL said...

ayah orang Bogor nduulll bukan Bandung...!!! sok teuu euuyy

Ngupil Itu indah said...

hehe, lupa :P